Thursday, April 30, 2009

Khasiat Sinar Matahari

Tak selamanya sinar matahari merusak kulit. Meski menyengat, ada manfaatnya. Hal itu terungkap dari dua penelitian terbaru, sinar matahari dapat mencegah kanker kulit.
Sebuah penelitian dilakukan oleh sejumlah ahli dari Swedia dan Denmark. Mereka mewawancarai lebih dari 3.000 pasien yang menderita kanker kulit jenis lymphoma dan 3.000 orang sehat. Hasilnya, disimpulkan bahwa sinar ultraviolet matahari bisa mengurangi 30-40 persen risiko perkembangan lymphoma.
Bukan hanya lymphoma. Terpaan sinar matahari juga mengurangi risiko meninggal bagi pasien kanker kulit jenis melanoma. Ini ditemukan peneliti dari Universitas New Mexico, Albuquerque. Penelitian ini juga menjajaki kemungkinan menaikkan produksi vitamin D untuk mengurangi risiko kanker.
Diungkapkan pula oleh Dr Willian Blot dari Institut Epidemologi Internasional di Rockville, Amerika Serikat, penelitian sinar matahari dan vitamin D akan menjadi penting di masa mendatang.
Kendati begitu, seorang ahli lain mengingatkan, kulit yang terlalu banyak diterpa sinar matahari juga berisiko terkena kanker. Dengan kata lain, kita juga tidak boleh terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari.
(BBC, Reuters)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar yang bersifat konstruktif.