Tuesday, June 2, 2009

Astabratha

Astabratha

Sebagai etnik terbesar, Jawa memiliki konsep tersendiri tentang kepemimpinan yang seharusnya. Konsep itu disebut Astabratha, yang menilai pemimpin antara lain harus memiliki ambek adil paramarta atau watak adil merata tanpa pilih kasih (Ki Kasidi Hadiprayitno, 2004). Secara rini konsep ini terurai dalam delapan (asta) watak, yakni: bumi, api, air, angin, angkasa, matahri, bulan, dan bintang atau dalam Bahasa Jawa disebut bumi, geni, banyu, angin, langit, surya, candra, dan kartika.
Watak bumi yang harus dimiliki seorang pemimpin mendorong dirinya untuk selalu memberi kepada sesama. Ini berdasarkan analog bahwa bumi merupakan tempat untuk tumbuh berbagai tumbuhan yang berbuah dan berguna bagi umat manusia.
Geni atau api. Pemimpin harus memiliki sifat api, karena api adalah energi, bukan materi. Api sanggup membakar materi apa saja menjadi musnah. Namun, api juga bisa mematangkan apa saja. Api dalam konteks ini bukan dalam pengertian yang destruktif, melainkan konstruktif. Semangat api yang konstruktif yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, antara lain adalah kesanggupan atau keberanian untuk membakar atau melenyapkan hal-hal yang menghambat dinamika kehidupan, misalnya sifat angkara murka, rakus, keji, korup, merusak, dan lainnya.
Air atau banyu adalah watak yang menggambarkan pemimpin harus selalu mengalir dinamis dan memiliki watak rendah hati, andhap asor dan santun, tidak sombong, tidak arogan. Sifat mengalir juga bisa diartikan bahwa pemimpin harus mampu mendistribusikan kekuasaannya agar tidak menumpuk/menggumpal yang merangsang untuk korupsi. Selain itu, seperti air yang selalu menunjukkan permukaan yang rata, pemimpin harus adil dalam menjalankan kebijakan terkait hajat hidup rakyatnya.
Watak angin atau udara, watak yang memberikan hak hidup kepada masyarakat. Hak hidup, antara lain meliputi hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak (sandang, pangan, papan, dan kesehatan), mengembangkan diri, mendapatkan sumber kehidupan (pekerjaan), berpendapat dan berserikat (demokrasi), dan mengembangkan kebudayaan.
Surya atau matahari adalah watak yang mamapu menjadi penerang bagi kehidupan sekaligus menjadi pemberi energi kehidupan masyarakat.
Watak bulan/candra. Seabagaimana bulan yang memiliki kelembutan menentramkan, pemimpin yang bijak selalu memberikan rasa tentram dan menjadi sinar dalam kegelapan. Ia harus mampu memimpin dengan berbagai kearifan sekaligus visioner.
Watak bintang/kartika. Sebagaimana bintang menjadi panduan para musafir dan nelayan, pemimpin harus mampu menjadi orientasi (panutan) sekaligus mampu menyelami perasaan masyarakat.
Watak langit/angkasa. Dengan watak ini, pemimpin pun harus memiliki keluasan hati, perasaan, dan pikiran dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa dan negara.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar yang bersifat konstruktif.