Tuesday, June 2, 2009

Pemetaan Ideologi Masjid-masjid di DKI Jakarta

Pemetaan Ideologi Masjid-masjid di DKI Jakarta / Peneliti: Ridwan al-Makassary, dkk. Jakarta: CSRC UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Buku ini merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Tim Peneliti CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap masjid-masjid yang ada di wilayah DKI Jakarta dengan metode survei dan wawancara mendalam (indepth interview). Penelitian ini bertujuan untk mengetahui, memahami dan menganalisis bagaimana praktik pengajaran keagamaan yang dilaksanakan di masjid. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana persepsi takmir masjid mengenai gagasan sistem pemerintahan, formalisasi syari'at Islam, jihad, kesetaraan gender (gender equity), dan pluralisme.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa mayoritas masjid di DKI Jakarta masih menyuarakan gagasan dan pemikiran Islam moderat. Ini tercermin dari pandangan mayoritas takmir masjid yang moderat terhadap lima isu yaitu: sistem pemerintahan, formalisasi syariat Islam, jihad, kesetaraan gender, dan pluralisme. Selain itu, praktik pengajaran keagamaan di masjid DKI Jakarta yang mayoritasnya masih mencerminkan wawasan Islam moderat. Meskipun demikian, dalam jumlah yang kecil terdapat kecenderungan penguatan gagasan dan pemikiran Islam radikal. Misalnya, sebagian kecil takmir masjid setuju dengan gagasan pendirian khilafah Islamiyah dan negara Islam, dan juga dalam beberapa praktik pengajaran keagamaan adanya buku, majalah, buletin keagamaan yang menginspirasikan Islam radikal dapat dengan mudah dijumpai di masjid dan untuk beberapa tingkatan menjadi bacaan bagi para takmir dan jamaah masjid.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar yang bersifat konstruktif.