Wednesday, June 3, 2009

Peter Carey

Peter Carey lahir di Rangoon, Birma, 30 April 1948. Ia menempuh pendidikan di Winchester College dan Universitas Oxford, keduanya di Inggris. Setelah menyelesaikan sarjana muda (BA) tahun 1969, selama setahun Peter mengikuti pendidikan pascasarjana di Universitas Cornell, AS. Di sinilah, untuk pertama kalinya ia menaruh minat pada sejarah Indonesia, khususnya sejarah perang Jawa.
Peter datang ke Indonesia untuk pertama kalinya pada 1970. Ia pernah tinggal tiga tahun di Jakarta dan Yogyakarta (1971-1973 dan 1976-1977) terutama untuk mengumpulkan data yang tersimpan di Arsip Nasional RI. Bahan ini pulalah yang kemudian digunakan untuk menyusun tesisnya mengenai Pangeran Diponegoro dan asal-usul perang Jawa.
Setelah meraih gelar Ph.D., 1975 Peter bekerja di Universitas Oxford, Inggris. Mula-mula sebagai pembantu riset di Magdalen College, kemudian sejak 1979 sebagai dosen sejarah modern di Trinity College.
Tahun 1986, sementara menjabat Direktur Pusat Studi Asia di Universitas Oxford, Peter juga membuat biografi Dipanegara (Diponegoro) yang diterbitkan di Leiden, Belanda. Ia menikah dengan seorang wanita Jawa dari Surakarta (Mangkunegaran) dan dianugerahi dua anak lelaki.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar yang bersifat konstruktif.