Thursday, June 18, 2009

Target dan Hidup Lama

Orang yang memiliki target dalam hidup berpeluang lebih besar untuk hidup lebih lama. Itulah kesimpulan Patricia Boyle, ahli neuropsikologi di Rush Alzheimer's Disease Center, Chocago, AS, dalam studinya. Target itu pun tidak perlu muluk-muluk. "Ini bisa apa saja, dari ingin mencapai suatu cita-cita, mencapai sesuati dalam organisasi relawan, atau bahkan hanya membaca sejumlah buku," ungkap Boyle.
Tim Boyle meneliti 1.238 orang berusia rata-rata 78 tahun yang semuanya bebas dari demensia, gejala-gejala gangguan pada otak. Di awal studi, subjek penelitian menjawab sejumlah pertanyaan menyangkut tujuan hidup. Hasilnya, ditemukan skor rata-rata pada evaluasi kesadaran akan tujuan adalah 3,7 dari total 5. Ketika dilakukan perbandingan, Boyle menemukan mereka yang memiliki kesadaran akan tujuan hidup lebih tinggi mempunyai risiko meninggal selama periode follow-up lebih kecil ketimbang mereka dengan kesadaran akan tujuan hidup yang rendah.
"Bila anda menemukan tujuan dalam hidup, bila anda berpikir hidup anda bermakna, dan bila anda memiliki perilaku yang digerakkan oleh cita-cita, anda berpeluang hidup lebih lama," kata Boyle.*

*HealthDay

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar yang bersifat konstruktif.